Cara Mengembalikan Data yang Terhapus

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus – Komputer memiliki kemampuan untuk menyimpan data berkat perangkat penyimpanan data seperti harddisk drive atau usb flash disk. Data yang kita simpan dalam perangkat tersebut bisa jadi adalah data yang sangat penting seperti data untuk keperluan pekerjaan kita, data skripsi yang sudah susah payah melewati berbagai cobaan untuk mendapatkannya atau hanya sekedar koleksi film-film kita saja.

Cara mengembalikan data yang terhapus

Namun terkadang data itu bisa hilang karena berbagai asalan sepele seperti tidak sengaja terhapus atau alasan yang tidak diketahui lainnya. Kehilangan data seperti ini, apalagi jika data itu sangat penting untuk kita, bisa membuat kita pusing memikirkannya. Karena itulah, agar anda tidak pusing, kami beritahu cara mengembalikan data yang terhapus.

Pilihan Redaksi:
Menggunakan Proxy Di Firefox
Ini Dia Tips Cara Mendapat Kuota Gratis 3 Dengan Mudah
Menyembunyikan File Rahasia Di Laptop

• Cek recycle bin
Pertama-tama, jangan panik, tenangkan dulu diri anda. Cobalah cek recycle bin, semua file yang dihapus biasanya akan masuk ke dalam recycle bin terlebih dahulu. Jika file itu, masih berada di recycle bin, anda dapat mengembalikannya dengan cara: pilih file yang ingin dikembalikan, kemudian klik kanan dan pilih restore. Sekarang file itu ada di tempatnya semula. Tetapi sebagai info, bila anda menekan tombol SHIFT bersamaan dengan delete ketika menghapus, maka file tersebut akan langsung terhapus secara permanen.

• File recovery software
Jika setelah anda cek recycle bin ternyata data yang anda cari tidak ada di sana, maka berarti data tersebut sudah terhapus. Tapi tidak perlu khawatir, masih ada cara lain yang dapat anda lakukan, yaitu dengan menggunakan aplikasi khusus untuk mengembalikan data yang terhapus. Ada beberapa aplikasi untuk hal ini, tapi yang biasa saya pakai adalah recuva. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup scan saja directory tempat file itu berada sebelum terhapus, maka semua file yang pernah ada di situ akan terlihat, dan jika beruntung file anda akan dapat dikembalikan.

• Serahkan pada yang ahli
Jika kedua cara di atas masih belum berhasil juga, maka tidak ada lagi yang dapat kami sarankan kecuali menyerahkan masalah ini kepada orang yang ahli di bidang ini. Sudah banyak jasa recovery data yang ada di Indonesia, anda bisa cari sendiri di internet. Memang biayanya tidak begitu murah, tapi jika file anda begitu penting, tidak ada salahnya mencoba jasa ini.

Demikianlah cara mengembalikan data yang terhapus. Semoga cara di atas dapat menjauhkan anda dari masalah karena kehilangan data yang penting. Terima kasih telah membaca. Baca juga artikel kami mengenai Cara Ngerjain Teman Lewat BBM

Cara mengembalikan data yang terhapus
Categories: TipsTags:
Cara Mengembalikan Data yang Terhapus | admin | 4.5