Langkah Langkah Cara Menghapus Virus Trojan

Virus Trojan akan mengubah file startup, mengubah atau menambahkan baris dalam sistem registry. Bahkan bisa juga melakukan overwrite pada sistem file untuk dapat dijalan kan saat booting, untuk cara menghapus/membersihkan virus Trojan di perlukan waktu yang relatif cukup lama.

cara menghapus virus trojan

Proses penghapusan virus Trojan merupakan proses yang bahaya karena akan menghapus sebagian registry sehingga akan kehilangan kemampuan dalam menjalankan suatu program.

Pilihan Redaksi:
Cara Mendapat Kuota Gratis XL Paling Baru 2016
Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Dengan Mudah
Kumpulan Font Tulisan Tangan Huruf Sambung Terbaik

Cara menghapus/membersihkan virus trojan yang paling sederhana :

  1. Mengidentifikasi file virus Trojan yang ada di dalam Harddisk,
  2. Mendiagnosa kinerja virus Trojan tersebut, kemudian mencegah berjalannya virus Trojan setelah proses reboot.
  3. Mereboot komputer dan membersihkan virus Trojan.

Cara menghapus virus trojan di atas merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan yang bisa digunakan untuk menghapus/membersihkan virus Trojan. Ada banyak lagi pilihan langkah-langkah untuk menghapus virus trojan tersebut.

Langkah kedua untuk menghapus virus Trojan yakni :

  1. Membersihkan virus tersebut dengan cara install ulang.
  2. Pemakaian anti virus yang bisa memblok virus trojan.

Cara menghapus virus trojan dengan cara install ulang.

Kebanyakan virus Trojan akan menyerang melalui fasilitas sharing, namun apabila virus trojan tersebut sudah masuk melalui fasilitas sharing menutup atau menghapus fasilitas tersebut tidak cukup, dikarenakan penyerang bisa secara mudah membuat jalan lain ke dalam memodifikasi sistem operasi atau sistem itu sendiri. Dengan demikian user yang terkena virus terojan dapat menghapusnya dengan cara menginstall ulang Operating Systemnya.

Berikut cara menghapus/membersihkan virus trojan apabila akan menghapus virus dengan cara install ulang :

  1. Melakukan isolasi terhadap komputer yang terinfeksi. Semua hubungan sudah terputus, baik internet atau jaringan local lainnya .
  2. Apabila user ingin membersihkan virus trojan yang terhubung ineternet atau jaringan lain maka akan ada resiko yang user hadapi yaitu :
  • Waktu eksploitasi yang terlalu lama keamanan tidak diketahui
  • Tipe dari jaringan yang di gunakan
  • Pemeliharaan dan pemakaian firewall atau antivirus,
  1. Proses pembersihan virus Trojan dimulai dengan membackup data terlebih dahulu, kemudian Install ulang Program dan memformat ulang Internal Storage
  2. Menggunakan tambahan software dan mengamankan sistem. Setelah selesai proses pembersihan virus trojan tersebut, tambahkan keamanan dengan memasang trojan scanner, firewall atau antivirus di lakukan setelah sistem kembali bersih, dan mengaktifkan fitur update secara otomatis yang pada OS.
  3. Merestore backup data. Jika proses intalasi selesai dan pengaturan software semuanya selesai, selanjutnya mengembalikan data yang sudah di backup oleh user ke tempat asalnya, sebelum data yang akan di backup di kembalikan user harus menscan terlebih dahulu dengan Trojan scanner atau anti virus agar data yang lain tidak terinfeksi oleh virus trojan tersebut, di takutkan apa bila tidak di scan dulu proses panjang user selama instal ulang itu sia-sia.

Demikian artikel tentang cara menghapus virus trojan semoga bisa bermanfaat.

Cara menghapus virus trojan
Categories: TipsTags:
Langkah Langkah Cara Menghapus Virus Trojan | admin | 4.5